Minggu, 12 April 2009

kindra juara asia 2009
















Kido/Hendra Juara
SUWON- Pasangan ganda pria bulu tangkis Indonesia Markis Kido/Hendra Setiawan menyabet juara Kejuaraan Asia 2009 di Suwon, Korea Selatan, yang berakhir kemarin. Mereka menumbangkan pasangan tuan rumah Ko Sung Hyun/Yoo Yeon Seong, 21-18, 26-24 pada final di Suwon indoor Stadium.

Keberhasilan tersebut paling tidak, menjadi bekal sebelum bertarung di Piala Sudirman 2009 pada 10--17 Mei nanti. Hanya, pasangan Korsel tersebut bukanlah yang terbaik di Negeri Ginseng itu.

Jung Jae Sung/Lee Yong Dae sudah berpisah karena salah satunya harus mengikuti wajib militer. Penantang mereka di partai final kemarin merupakan hasil bongkar pasang. Sebelumnya, Yeon Seong berpasangan dengan Choo Gun Wodan berada di urutan ke-14 dunia.

Kemenangan itu merupakan gelar perdana Kido/Hendra di tahun ini, sekaligus ulangan sukses Kido/Hendra pada Kejuaraan Asia 2005. Empat tahun lalu, Kido/Hendra juga juara. Hanya, kala itu keduanya belum menjadi nomor satu di tanah air.

Kido bersyukur atas kemenangan tersebut. ''Kami harus mempersiapkan diri dengan lebih baik lagi," katanya dalam pesan singkatnya. Persaingan di Suwon, menurut Kido, belum cukup untuk menggambarkan peta kekuatan negara-negara peserta Piala Sudirman.

Sebab, jago-jago ganda pria dari negara kuat seperti Tiongkok dan Malaysia tidak diturunkan. ''Mereka tidak menurunkan yang terbaik, jadi sulit juga melihat kekuatan sebenarnya," sambungnya.

Kido/Hendra merupakan satu-satunya wakil Cipayung di turnamen berhadiah total USD 150 ribu tersebut. Keduanya diharapkan dapat menemukan iramanya setelah ganti formasi. Kido menjadi pemain depan dan Hendra di belakang.

Selain itu, ajang tersebut diharapkan dapat mengembalikan suasana pertandingan pada anak asuh Sigit Pamungkas itu setelah absen cukup lama.

''Saya rasa sama saja di belakang atau di depan. Saya sudah menemukan enjoy-nya masing-masing," aku Kido. Namun, penilaian Sigit sedikit berbeda. Dengan formasi baru itu Kido/Hendra masih cukup sulit mendulang poin. ''Kualitas Kido di depan masih belum sebagus Hendra, begitu juga sebaliknya. Kelihatannya mereka masih belum terbiasa dengan perubahan formasi," katanya.

Untuk itu, Sigit akan terus memoles formasi anyar itu setiba mereka di Indonesia. ''Percaya saja kepada mereka. Tapi, saya juga harus memantau perkembangan lutut Kido sampai menjelang keberangkatan (ke Piala Sudirman) nanti," jelas dia.

Juara Kejuaraan Asia 2009:

Tunggal pria: Bao Chunlai (Tiongkok)

Tunggal wanita: Zhu Lin (Tiongkok)

Ganda pria: Markis kido/Hendra Setiawan (Indonesia)

Ganda wanita: Ma Jin/Wang Ziaoli (Tiongkok)

Ganda campuran: Lee Yong Dae/Lee Hyo Jung (Korsel)

Tidak ada komentar: